Wednesday, December 31, 2014

Apa Itu Mock Up? Kegunaan dan Keuntungan Menggunakan Mock Up Dalam Bisnis Kaos

Mock Up kaos, bagi sebagian pebisnis fashion khususnya kaos distro dan kaos sablon sudah tidak asing lagi ditelinga. Mock up atau yang lebih dikenal dengan gambaran/preview produk yang dibuat secara digital menggunakan program editing gambar sehingga menyerupai bentuk asli produk memudahkan para pebisnis kaos distro dan sablon untuk memajang semua desain kaos yang ditawarkan tanpa harus membuat sampe satu persatu lalu memotretnya secara manual. 


download mockup kaos  mockup kaos lengan panjang  mockup kaos couple  mockup kaos psd  mockup kaos kaskus  mockup kaos polo  mockup kaos anak   template mockup kaos  mock up template download  mock up template t shirt  mock up templates psd  mock up templates free download  print mock up templates  hat mock up template  branding mock up template
Proses Pembuatan Mockup Kaos Distro
Tidak hanya dalam bisnis kaos,mock up juga digunakan dalam produk lain seperti minuman, desain kartu nama hingga desain pada produk-produk yang memiliki bentuk yang relatif sama namun memiliki desain gambar berbeda-beda yang menempel pada produk dasar. Mock up dalam berbagai bidang membantu desainer dan produsen memberikan gambaran nyata produk jadi mereka tanpa perlu repot membuat sampel produk. Pembuatan mock up khususnya untuk kaos distro dibantu dengan software editing gambar seperti CorelDraw dan Photoshop untuk menciptakan gambar mock up yang realistis.

Contoh Foto Produk Kaos - Asli Bukan Mock Up
Dalam bisnis kaos Mock Up memberi peran penting apalagi untuk brand atau merk kaos distro yang masih memulai bisnis dengan modal terbatas namun memiliki kreasi desain kaos yang banyak. Dengan menggunakan mock up kaos, seorang produsen kaos distro mampu membuat contoh produk kaos distronya sebanyak mungkin dengan desain yang dia miliki tanpa repot membuat sampel kaos distro yang bisa jadi akan mengurangi modal usaha mengingat seorang produsen kaos distro pastinya tidak hanya memiliki beberapa desain kaos distro saja.

Contoh Jadi Mockup Kaos
Kegunaan dan keuntungan menggunakan Mock Up Kaos:

1.Kreasi Tanpa Batas
Seorang desainer atau produsen kaos dapat meng-aplikasikan sebanyak mungkin ide desain kaos yang dimiliki dengan menerapkannya pada mock up. Mock up memberikan gambaran nyata juga bagi desainer dan produsen kaos distro tentang bagaimana bentuk desain kaos mereka ketika sudah diterapkan dalam sebuah model kaos. Contohnya apakah desain yang dibuat akan cocok ketika dipadukan dengan warna kaos dasar merah, biru, hijau atau kombinasi warna dasar kaos tanpa perlu membuat produk nyata. Tentu saja dengan adanya mock up, desainer kaos akan leluasa melakukan percobaan untuk bentuk dan komposisi warna desainnya.

2. Murah
Untuk membuat mock up kaos sehingga terbentuk gambar preview dari produk kaos jadi sangatlah terjangkau.Yang dibutuhkan hanyalah sebuah perangkat komputer atau laptop yang pasti kebanyakan orang sudah memilikinya ditambah software edit gambar seperti CorelDraw atau Photoshop yang bisa didapat gratis. Walaupun tetap disarankan untuk membeli program master aslinya sehingga pembuatan mock up kaos juga maksimal. Ditambah kreatifitas dari desainer kaos, maka gambar produk yang terlihat realistis dapat dibuat dengan biaya nyaris gratis. Bayangkan saja jika tidak menggunakan mock up. Untuk 1 desain kaos yang belum tentu desainer merasa puas dengan hasilnya produsen kaos harus menyediakan sebuah kaos serta alat-alat sablonnya untuk membuat preview kaos jadi. Itu jika hanya 1 desain saja, bagaimana jika 1 desain kaos akan diaplikasikan dalam 5 warna? Cukup menguras kantong usaha yang baru akan berjalan bukan?

3. Menghemat Waktu
Menggunakan mock up kaos, produsen dan desainer dapat menciptakan puluhan preview kaos jadi hanya dalam hitungan menit. Tinggal geser posisi desain pada kaos, mengatur ukuran atau letak serta mengganti-ganti warna dasar kaos,sebuah preview kaos jadi bisa dihasilkan dengan bentuk yang nyata mendekati produk kaos aslinya. 

4. Seragam
Penggunaan mock up yang menggunakan model template CorelDraw atau Photoshop akan menghasilkan 1 desain/posisi gambar preview produk yang seragam. Dari segi keteraturan, katalog kaos pada toko online atau website yang memiliki posisi dan bentuk yang seragam meskipun berbeda warna atau desain akan membuat pembeli lebih mudah menentukan pilihannya. Selain karena lebih teratur untuk dilihat penataan kalatog kaos di toko online yang teratur memberikan rasa nyaman bagi pembeli untuk fokus pada warna kaos dan desain. Tidak pada faktor lain seperti panjang lengan kaos, lebar pundak dll. Dengan menambahkan panduan ukuran untuk kaos distro yang dijual, produsen sudah memberikan keterangan lebih bagi konsumen.

Namun disamping berbagai manfaat dari penggunaan mock up kaos dalam bisnis distro, selalu ada beberapa anggapan yang mengatakan foto kaos asli lebih realistis dan "jujur" terhadap konsumen. Pendapat ini bermunculan seiring dengan banyaknya produsen kaos distro yang melakukan prinsip jual beli melalui sitem pre-order, atau kaos dibuat setelah ada pesanan. Untuk sedikit mengulas tentang hal ini kalian bisa baca artikel kita berikut ini : Mock Up Vs Foto Produk Asli

1 comments: